Cari Produk Bunga Terkini di Blog Florist Rusty Indonesia Ini

Jumat, 09 Maret 2018

Sisi Negatif Dan Positif Karangan Bunga Dukacita

Sisi Negatif Karangan Bunga dukacita

Budaya ini melahirkan rasa malu yang tidak tepat dan bukan bagian dari keimanan, “malu tidak kirim karangan bunga”. Mestinya dikembangkan budaya malu melakukan amalan yang tidak cocok dengan tuntunan syariat.
Walaupun bunga wujud cinta dan sayang, tetapi modal karangan bunga tetap besar dan bernilai mubazir
Karangan bunga lebih bernuansa prestise dan prestasi (sum’ah dan riyâ`), baik bagi pemberi, tak jarang bagi penerimanya. Padahal riyâ`, termasuk syirik kecil yang membahayakan akidah.
Dalam karangan bunga ada nuansa promosi bagi si pengirimnya. Motifnya masih keuntungan duniawi, ekonomi bahkan politis. Padahal, nasehat dan pengajaran yang terkandung dalam bertakziyah, tidak bisa diwakili oleh karangan bunga.
Karangan bunga merupakan budaya elite class. Prinsipnya “benih saja ditabur bukan pada persemaiannya adalah mubazir, apalagi sudah jadi karangan bunga”.
Pemberian karangan bunga termasuk rangkaian takziyah yang merupakan urusan ibadah. Kaedahnya adalah tawqîf dan ittibâ’. Oleh sebab itu, takziyah mesti dilaksanakan berdasarkan ketentuan dan tuntunan syariat. Karangan bunga juga termasuk tindakan bid’ah, tidak sesuai dengan perintah agama, dan hukumnya “ditolak”.
Datang bertakziyah disyariatkan (masyrû’) untuk berbagi duka cita, ‘membahagiakan’, dan menyabarkan keluarga duka (idkhal al-surûr wa al-shabr), mengajarkan istirjâ` dan menyadari makna inna lillâhi wa inna ilayhi râji’ûn, dan mendoakan orang yang meninggal.

Sisi Positif Karangan Bunga dukacita

Rasûlullâh SAW responsif jika terima berita duka, tidak hadir beliau kirim utusan untuk menyampaikan salam dan pesannya. Bukankah karangan bunga manifestasi dari pernyataan tturut berduka cita?
Karangan bunga merupakan wujud apresiasi terhadap keluarga duka. Bukankah tingkat kepuasan tiap orang berbeda? Bagi kalangan tertentu (high level), mereka tidak begitu butuh suply makanan saat duka dan adanya karangan bunga dapat menjadi “obat dan hiburan tersendiri” bagi jiwa mereka.
Bunga yang dipetik bukanlah hal mubazir, yang penting karangan bunga jangan sampai rusak akidah, melalaikan kewajiban, dan menambah kesedihan.

Hubungi selalu toko bunga kami di (0813-1678-3854 - 0819-3227-8945) kami menyediakan segala jenis bunga yang Anda butuhkan, khususnya karangan bunga dukacita Anda.

Tidak ada komentar:

Promo Dekorasi Taman Panggung Event

Top Picks In Just Click :